h1

Game dengan Dual monitor

June 14, 2008

Anda memiliki 2 monitor dengan ukuran yang sama, ingin mencoba memainkan game dengan 2 buah monitor bersamaan. Walaupun tidak semua game bisa bekerja dengan 2 monitor sekaligus, beberapa game biasanya memiliki option pada setting monitor dengan widescreen.

Ikuti caranya dibawah ini:

Setup monitor dahulu sebelum mengaktifkan game

Setting monitor dengan 1 VGA dan 2 monitor dapat ditampilkan dengan beberapa cara. Umumnya 2 monitor digunakan untuk clone atau tampilan yang sama pada 2 monitor dengan 1 display gambar yang sama, atau satu monitor digunakan sebagai monitor utama dan satu monitor lain untuk melihat hasil pengolahan seperti pemakaian bagi aplikasi video editing.

Satu option lagi biasanya jarang digunakan adalah mengabungkan 2 monitor menjadi satu layar. Cara ini biasanya jarang digunakan, karena menyebabkan tampilan dari aplikasi menjadi lebih lebar dan penguna pasti terganggu dengan batas layar diantara kedua tepian monitor

Tetapi salah satu fungsi tersebut dapat dimanfaatkan karena menyatukan monitor menjadi satu layar sehingga bisa menampilkan aplikasi gaming dengan 2 layar monitor sekaligus

Caranya seperti dibawah ini.

Dengan mengunakan VGA jenis GeForce dengan driver forceware terbaru dan siapkan 2 buah LCD monitor 17 inch. Pilihan dari setting driver dirubah menjadi Vertical Span. Artinya 2 monitor disetup menjadi 1 bagian dengan bidang datar.

Dengan monitor ukuran 17 inch, maka resolusi maksimum masing masing monitor (contoh dengan LCD) 1280×1024 dapat disatukan menjadi layar lebar dengan 2560×1024.

Untuk memastikan lebar layar monitor sudah benar, coba masuk ke bagian display properties. Seharusnya setting dari tampilan layar seperti gambar dibawah ini. Resolusi monitor menunjukan bidang lebar 2560 dan tinggi resolusi tetap dengan 1024 pixel.

Setting pada game

Selesai melakukan setup monitor cobalah buka aplikasi game. Pada contoh dibawah ini untuk mengunakan setting wide dimiliki pada game Company of Heroes.

Pilihan setting baru akan tampil pada resolusi game dengan tambahan widescreen ketika monitor mengunakan setting widescreen / Horizontal Span. Selesai melakukan pilihan setting monitor pada game, tampilan game akan tampil melebar dari 2 monitor yang aktif seperti gambar dibawah ini

Hasil capture gambar dari game juga menjadi melebar atau 2 kali dibandingkan mengunakan 1 monitor.

Tidak semua game bisa mengunakan option widescreen

Apakah semua game dapat tampil dengan 2 layar monitor layaknya tampilan widescreen. Tidak semua game mendukung fitur widescreen. Pada game tanpa dukungan widescreen atau resolusi layar lebar, tampilan akan kembali seperti setting biasa dengan 1 layar saja yang aktif.

Apakah bisa memainkan game dengan 3 atau 4 monitor. Cara tersebut belum dicoba, bila anda memiliki monitor lebih dari 2 buah. Bisa juga dicoba dengan pengunaan 2 VGA dan 2 monitor lebih😉

Selamat mencoba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: