h1

VOIP apa itu?? makanan or minuman ?? :)

November 11, 2009

VoIP (Voice over Internet Protocol)

VoIP (Voice over Internet Protocol), yaitu menggunakan media jaringan internet sebagai protokol untuk mengirim dan menerima transmisi gelombang suara seperti telepon atau HP yang merubah suara mejadi paket2 data lewat protokol internet.

VoIP sederhananya adalah suara (orang) yang dilewatkan ke paket IP. Orang berbicara mesti ditangkap oleh Microphone. Microphone mengubah getaran suara menjadi listrik. Amplitudo tegangan listrik berubah-ubah ini merupakan informasi suara yang dikirimkan ke sentral telepon (telkom). Sentral telepon di ini membentuk jaringan. Lawan bicara menangkap sinyal listrik ini. Dan dengan bantuan speaker, tegangan listrik ini berubah lagi menjadi suara.

VoIP ini hanya berperan “ditengah-tengah”. Artinya dalam konteks user dirumah ya tetap perlu alat yang namanya microphone dan speaker. Sebenarnya telepon rumah kita juga terdiri dari microphone (yang dibawah mulut) dan speaker (yang nempel ke telinga). Bedanya, kalau telepon rumah menyalurkan informasi suara (dalam format tegangan listrik ini) ke sentral telepon dalam bentuk sinyal analog

Konfigurasi VoIP (asterisk)

Untuk membuat jaringan VoIP perlu dilakukan beberapa konfigurasi yaitu konfigurasi VoIP server dan VoIP client. Berikut ini akan dijabarkan mengenai konfigurasi pada di jaringan VoIP tersebut.

Konfigurasi VoIP Server

Konfigurasi dilakukan agar VoIP server dapat menyambungkan panaggilan dari client satu ke client lainnya. Agar dapat melakukan hal tersebut, diperlukan konfigurasi pada dua file dalam asterisk (aplikasi VoIP server) yang telah terinstall pada VoIP server. Dua file tersebut adalah sip.conf dan extention.conf.

sip.conf

Melalui file sip.conf yang terletak di /etc/asterisk/ ini kita dapat membuat account VoIP yang nantinya akan menjadi client dari server VoIP. Berikut ini merupakan contoh dari list untuk membuat account VoIP client :

[nurman] → inisialisasi awal dari account

type = friend → tipe dari VoIP client

username = nurman → username VoIP client

secret = rahasia → password yang dibuat

host = dynamic → alamat VoIP client bisa berubah

dtmfmode=rfc2833 → dtmf sesuai aturan rfc2833

Sebagai inisialisasi awal pembuatan account sip atau VoIP client, maka digunakan kurung siku ( [ ] ). Type adalah jenis dari account tersebut. Ada tiga macam jenis account, yaitu peer, user dan friend. Account dengan tipe peer, hanya dapat melakukan panggilan ke nomor VoIP lain tidak bisa menerima panggilan dari luar. Sebaliknya, apabila account memiliki tipe user, maka account tersebut hanya bisa menerima panggilan saja. Sedangkan tipe friend, account dapat menerima dan melakukan panggilan.

extention.conf

File extention.conf ini terletak di /etc/asterisk/. Disini kita dapat mengatur dial plan atau perlakuan tertentu apabila VoIP client menekan suatu rangkaian nomor tertentu. Contoh dari penggunaan dial plan :

[internal]

exten => 2225,1,Dial(SIP/nurman,30,rt)

exten => 2225,2,HangUp

Arti dari listing tersebut adalah dalam context internal pada jaringan VoIP, apabila suatu VoIP client menekan angka 2225, maka langkah pertama adalah dial atau arahkan ke account SIP nurman, apabila sampai 30 detik tidak ada jawaban maka akan timeout dan masuk ke langkah kedua, yaitu hangup atau putuskan sambungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: