h1

12 Layanan Remote Desktop Gratis Terbaik

November 26, 2009

Di jaman era teknologi informasi ini tidak sedikit orang untuk mendapatkan informasi yang up to date namun juga cepat dalam penyajian sebuah informasi yang dapat di akes dimanapun kapanpun jauh atau dekat tetap bisa mengakses sebuah informasi yang berharga misalnya eksekutif muda yang sedang menyelesaikan sebuah project yang ditanganinya akan tetapi karena kesibukannya yang mobile dia perlu untuk mendapatkan semua berita infomasi ataupun mengakses data di perusahaan tempat dia bekerja,  jadi bagaimana caranya??

gunakan layanan remote dekstop apa itu ? saya akan jelaskan nanti

Berikut adalah beberapa layanan Remote Desktop Gratis yang tersedia di Internet. Masing-masing memiliki karakteristik serta fitur yang berbeda. Beberapa di antaranya merupakan layanan berbasis web di mana kita harus terlebih dahulu mendaftar dan melakukan instalasi satu program kecil, ada pula yang bersifat stand alone sehingga mengakses komputer dapat dilakukan lewat jalur VPN. Selain itu ada pula yang berkemampuan untuk berbagi layar desktop bagi lengkap dengan fasilitas chat dan VOIP yang biasanya berguna untuk melakukan pelatihan atau presentasi jarak jauh dan bahkan ada pula yang memungkinkan kita untuk melakukan remote desktop melalui handphone atau PDA.

 

Yuugu

Menggunakan Yuuguu untuk berbagi layar desktop via Web, anda dapat meminta peserta untuk berbagi kontrol layar dan bekerja sama secara real time melalui web. Sangat membantu untuk bekerja sama menyuntung sebuah dokumen, mempercepat proses pembuatan dokumen dan presentasi secara online.

 

LogMeIn

Cukup instal LogMeIn pada komputer yang ingin diakses dan kita akan dapat melakukan remote terhadap PC atau Mac dari mana saja hanya menggunakan sebuah browser. Apapun dapat dilakukan seolah-olah secara fisik berada di depan PC atau Mac yang sedang di remote.

 

CrossLoop

CrossLoop memungkinkan kita untuk melihat layar, kendali atas mouse dan keyboard pada komputer remote. Dalam promosinya CrossLoop dapat dijalankan dalam waktu kurang dari 2 menit. Cukup download dan instal aplikasi dan akan secara otomatis mengkonfigurasi sendiri untuk lingkungan jaringan komputer anda.

 

ShowMyPC

ShowMyPC memungkinkan kita untuk berkolaborasi dalam melakukan Remote Desktop. Cocok sebagai alternatif untuk yang Anda yang sudah biasa menggunakan WebEx atau Gotomypc. Beberapa kelebihannya antara lain gratis, tidak perlu instalasi, pendaftaran, tidak perlu login. Juga memiliki fitur chatting, White-Board dan mampu merekam layar. Dibangun menggunakan standar SSH VNC serta menyediakan layanan Premium Hosting.

 

SkyFex

Menggunakan SkyFex Remote Assitant memungkinkan kita menyaksikan dan mengakses komputer dari jauh secara real time. Skyfex tidak memerlukan tambahan software dan bekerja melalui proxy, firewall atau NAT pada jaringan. SkyFex adalah layanan berbasis Windows dan membutuhkan Internet Explorer.

 

TeamViewer

Selain dapat melakukan remote desktop, TeamViewer dilengkapi dengan fitur transfer file yang memungkinkan kita menyalin file dan folder dari dan ke komputer yang sedang diakses.

Untuk memasang TeamViewer tidak diperlukan hak Administrator. Cukup jalankan software dan jangan lupa untuk mematikannya setelah selesai. Jika menggunakan TeamViewer tidak perlu khawatir tentang firewall karena TeamViewer akan menemukan cara komunikasi secara otomatis. Untuk penggunaan non-komersial tersedia secara gratis.

 

Gooer

Pertama kita harus mengunduh dan menginstal Gooer pada semua komputer yang ingin diakses. Setelah itu komputer dapat diakses menggunakan PC atau perangkat Mobile. Pengguna PC bisa menggunakan sebuah browser (IE, Firefox atau web browser lain yang mendukung Java) sedangkan pengguna mobile dapat mengunjungi wap.gooer.com untuk mendapatkan aplikasi berbasis Java yang tersedia untuk klien perangkat Mobiles/PDA.

Jika ingin mengakses remote komputer melalui ponsel atau PDA, Anda harus memasang di atas Gooer Host Software PC ke host pertama, setelah itu Anda dapat men-download software ini, Anda kirimkan ke perangkat mobile dan menginstalnya.

 

Microsoft SharedView

Untuk memulai sesi program ini Anda harus terlebih dahulu sign in menggunakan Windows Live ID. Jika Anda ingin memulai sesi dan tidak memiliki Windows Live ID, Anda dapat menginstalas program ini namun sebelum masuk, Anda tetap memiliki Windows Live ID.

 

Yakkle

Yakkle dibangun menggunakan platform Java. Fungsi remote desktop sharing sebenarnya hanya salah satu fitur yang tersedia selain Instant Messaging, File Sharing, Video dan Conference. Yakkle dapat saling berkomunikasi dengan Gmail serta Jabber. Yakkle juga mampu berintegrasi dengan account Twitter.

 

DimDim

Dimdim Web Meeting tersedia dalam edisi open source maupun komersiil yang mampu mendukung ribuan peserta. Tidak seperti layanan web meeting sebelumnya, Dimdim tersedia secara online atau kita juga dapat menginstalnya di server pribadi.

 

Desktra

Untuk menggunakan DESKTRA, unduh dulu file “FreedomSetup1_1.exe”, instal pada PC yang ingin diakses dari internet. PC ini disebut “HOST”. Windows perlu reboot untuk menyelesaikan instalasi. Setelah reboot gunakan akun yang sama saat meng-install DESKTRA untuk melanjutkan proses instalasi.

PC tersebut akan dipromosikan dengan DESKTRA Freedom Desktop Server Control Panel. ID baru otomatis dibuat ketika “DESKTRA Freedom Server.exe” berjalan untuk pertama kalinya. Isi password yang Anda inginkan dan klik tombol “Start” untuk memulainya.

 

Remobo

Beberapa keunggulan yang dimilikinya:

  • Zero-Configuration: instal dan Anda siap digunakan! Tidak perlu konfigurasi yang rumit mengubah setting jaringan, ataupun firewall untuk memulainya.
  • Mudah pakai: akses komputer dari manapun selama dalam dalam daftar Anda dunia!
  • Aman: semua data dienkripsi dan private agar tidak ada orang lain dapat melihatnya. Tentu saja NO spyware atau adware apapun!
  • Cepat: Remobo akan mencoba untuk membuat koneksi secara langsung atau peer-to-peer antara komputer untuk mendapatkan kecepatan terbaik.
  • Fleksibel: dilengkapi dengan akses remote desktop, file sharing & VPN.

 

WallCooler VPN Personal

aplikasi WallCooler VPN Personal Edition yang dirancang khusus untuk penggunaan pribadi. WallCooler VPN Personal Edition memungkinkan pengendalian PC dengan koneksi komputer ke komputer yang sama-sama menggunakan WallCooler VPN Personal.

Di samping koneksi dengan cara klasik, Anda juga dapat memanfaatkan browser untuk melihat layar desktop. Dari akses via browser ini pula Anda dapat mengakses file dan aplikasi di komputer yang terinstal WallCooler VPN Personal.

Pengendalian desktop bukan satu-satunya fitur WallCooler VPN Personal. Melalui aplikasi ini Anda juga bisa melakukan mapping drive guna berbagi pakai file melalui Windows Explorer. Bila Anda memutar musik di komputer remote, musik dari komputer tersebut bisa langsung Anda dengarkan di speaker komputer lokal Anda dan masih banyak feature yang bisa digunakan oleh aplikasi ini tapi anda harus terlebih dahulu memiliki accoun user untuk aplikasi ini

semoga informasi diatas berguna untuk anda semuanya yang ingin menciptakan networking dengan akses kapanpun dimanapun…🙂

penulis merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi LogmeIn, TeamViewer dan WallCooler VPN, atau bagi yang mau mencoba program yang lain dipersilakan… selamat mencoba…

 

*sumber: paman google dan percobaan sendiri

2 comments

  1. thanks bos ilmunya…


    • sama-sama bos… ilmu memang untuk dibagikan.. di share bersama..



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: