h1

OS Chrome Google, Baru Meluncur Akhir 2010

November 30, 2009

OS Chrome Google, Baru Meluncur Akhir 2010

Sistem operasi Chrome OS yang tengah dikembangkan Google masih membutuhkan waktu setahun lagi untuk dirilis ke publik. Hal tersebut dikatakan Sundar Picahi, wakil presiden manajemen produk Google saat mendemonstrasikan konsep Chrome OS di Mountain View, California, AS, Kamis (19/11).

“Target kami akhir tahun depan. Kami ingin menyediakannya pada musim liburan,” ujar Pichai dilansir InfoWorld, sebelum menjelaskan terobosan kunci yang dibenamkan Google dalam Chrome OS bersama Matta Papakipos, direktur teknik Chrome OS.

Karena didesain sebagai sistem operasi berbasis web, Google juga tidak berharap Chrome OS dijalankan di sebuah PC. Sistem operasi tersebut didesain untuk diinstalasi pada perangkat baru yang mirip netbook. Dalam jumpa pers, Papakipos sempat memperlihatkan Chrome OS yang jalan di netbook Asus Eee PC.

Namun, menurut Pichai, pihaknya tengah menjajaki kerja sama dengan produsen hardware untuk menyipakan perangkat khusus untuk Chrome OS. Perangkat tersebut kemungkinan seperti smartphone atau tablet PC dengan kayboard QWERTY tapi tak menggunakan hardisk melainkan solid state drives (SSD) untuk menekan kebutuhan energi dan mempercepat waktu booting.

Pichai menolak memprediksi harganya namun dengan ketidakhadiran hardisk dan kemungkinan membutuhkan prosesor kecil, harganya mungkin lebih rendah daripada netbook. Apalagi, papakipos mengatakan kalau prosesor yang digunakan berbasis arsitektur ARM yang harganya lebih murah.

Menarik bukan? Tapi sabar dulu ya karena baru muncul akhir tahun depan.

bagi anda yang sudah tidak sabar untuk mencicipinya bisa dilihat disini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: